Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

4 weeks ago

Segudang manfaat yang terkandung dalam rumput laut sudah tak diragukan lagi. Produk turunan dari sumber daya berbasis kelautan ini sudah diaplikasikan di berbagai industri, mulai dari pangan yang menyehatkan hingga kosmetik untuk kecantikan. 


Dalam rangkaian webinar tentang rumput laut yang dilaksanakan oleh Tropical Seaweed Innovation Network (TSIN) beberapa waktu lalu (27/10), para ahli yang menjadi pembicara mengungkap beberapa jenis produk makanan dan kosmetik yang berasal dari rumput laut. 


Apa saja produk tersebut? Berikut beberapa produk turunan rumput laut yang disebutkan dalam webinar bertema “Tetap Sehat dan Cantik dengan Rumput Laut” itu:


1.  Edible Film. Selain menjadi sumber makanan, rumput laut juga bisa menjadi edible film yang bisa jadi pembungkus makanannya itu sendiri dan sekaligus bisa dimakan. Menurut Kepala Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan  (BBP3K)  Widya Rusyanto, edible film ini sudah digunakan sebagai pembungkus dodol rumput laut yang diterapkan oleh UMKM Ocean Nori di Mataram, NTB.


 Menurut Rusyanto, pembungkus makananberbahan rumput laut ini, selain bisa dimakan, juga memiliki kelebihan dalam menahan pertumbuhan jamur. Sehingga bisa meningkatkan daya tahan makanan lebih lama.


2. Mie Kristal. Selain edible film, makanan menyehatkan lainnya yang bersumber dari rumput laut adalah mie kristal. Tim peneliti dari BP3K mengembangkan mie sehat ini dari rumput laut jenis Gracilaria. Rusyanto menyebut mie dari rumput laut sudah diaplikasikan oleh Koperasi Mina Agar Makmur dari Karawang, Jawa Barat.


Menurutnya, produk mie tersebut bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang menginginkan mie instan yang lebih sehat. Mie tersebut memeiliki kandungan serat pangan sebesar 87,9 persen, lemak 0,1 persen, protein 0,3 persen, dan natrium 199,68 mg/kg. “Ini baik sekali menggantikan mie instan yang umum beredar di pasaran,” ungkapnya.


3. Penyedap Rasa. Ingin makanan gurih tetapi tetap sehat? Penyedap rasa dari rumput laut bisa menjadi alternatif. Rusyanto mengatakan, penyedap makanan ini dinilai sehat karena berasal dari bahan alami, yaitu rumput laut jenis ulva. Selain sebagai penguat rasa, produk rumput laut yang berbentuk serpihan ini bisa juga berfungsi sebagai serat pangan.


Inovasi rumput laut yang disebut sebagai seaweed flakes ini sudah diaplikasikan oleh UMKM Lars dari Makasar, Sulawesi Selatan.


4. Beras Rumput Laut. Beras rumput yang dikembangkan oleh BBP3K bukanlah beras imitasi, melainkan beras putih biasa yang dilapisi oleh rumput laut.


Seperti umum diketahui bahwa nasi dari beras putih biasanya menjadi makanan yang dihindari atau dikurangi asupannya oleh para penderita diabetes karena kandungan glukosanya yang bisa memicu peningkatan gula darah. Tetapi kini hal itu bisa disiasati dengan mengonsumsi beras rumput laut.


Sebab menurut Rusyanto, beras berlapis rumput laut yang sudah diujicobakan pada mencit yang dikondisikan memiliki diabetes bisa menurunkan glukosa di dalam tubuhnya hingga 35,9 persen. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan penggunaan obat penurun gula darah yang hanya mencapai 29,12 persen.


Selain itu, lanjut Rusyanto, beras rumput memiliki fungsi yang lebih luas dalam menurunkan kadar gula dalam darah dibanding obat penurun gula darah. Menurutnya beras sehat ini tidak hanya berfungsi sebagai pengobatan tapi juga sebagai pencegahan karena bisa memperbaiki sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin yang bisa menurunkan glukosa dalam darah. “Ini sudah dipatenkan di HAKI oleh teman-teman,” ujarnya.


5. Skin Care. Selain membantu menyediakan pangan sehat, produk turunan dari rumput laut  juga bermanfaat dalam menjaga kecantikan. Masih menurut Rusyanto, rumput laut sangat agus menjadi bahan baku kosmetik karena memiliki antioksidan yang tinggi.


Hal tersebut juga diamini oleh Faris Nurfauzi Nurmianto selaku Direktur CV Ocean Fresh, produsen kosmetik berbahan rumput laut. Menurutnya, ekstrak rumput laut yang terkandung pada skin care memiliki sifat water holding capacity yang baik. Sehingga bisa menahan kelembaban kulit lebih baik dan lebih lama.


Sumber: https://www.minapoli.com/info/manfaat-rumput-laut-untuk-kesehatan-dan-kecantikan

Our Partners
Supported By