Ini Lima Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan Anak

3 months ago

SEPUTAR CIBUBUR – Bagi penggemar sushi dan ramen, rumput laut pasti sudah tidak asing lagi. Tumbuhan laut di banyak dijadikan side dish untuk berbagai menu makanan, selain sushi dan ramen.


Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua, suka dengan rumput laut, karena rasanya yang gurih dan lezat.


Bahkan saat ini, camilan rumput laut kering sudah banyak dijual di minimarket-minimarket dengan beragam merek, yang sangat digemari anak-anak.


Menurut Sara Elise Wijono, M. Res., makanan rumput laut itu baik bagi kesehatan anak-anak. Rumput laut yang direbus maupun dikeringkan terbukti berkhasiat untuk tubuh manusia, termasuk anak-anak.


“Tak hanya gurih, rumput laut juga unggul dengan kandungan nutrisinya yang baik untuk si kecil. Rumput laut antara lain kaya akan serat, karbohidrat, kalsium, dan zat besi,” kata dr. Sara Elise Wijono.


Bahan pangan nabati ini juga kaya akan kalium, vitamin C, vitamin D, vitamin B12, vitamin K, folat, beta karoten, dan natrium. Karena itulah, rumput laut bisa dimanfaatkan sebagai superfood bagi si kecil. Adapun beberapa manfaat rumput laut untuk anak, seperti:


1. Membantu Perkembangan Kognitif Anak


Mengutip laman Mara Seaweed, yodium dalam rumput laut sangat penting untuk tiroid yang sehat. Mineral ini juga memainkan peran kunci dalam pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif anak.


Sebanyak 66 persen wanita hamil kekurangan yodium, yang pada akhirnya dapat memengaruhi janin. Yodium banyak ditemukan dalam telur, ikan, dan produk susu, tetapi sumber terbaik adalah rumput laut.


2. Memaksimalkan Nutrisi dalam Tubuh Anak


Anak-anak membutuhkan nutrisi yang tepat agar tumbuh kuat dan sehat. Nah, tahukah Anda kalau ada lebih dari 21 varian rumput laut kaya nutrisi yang dapat dimakan? Varian yang paling banyak dikonsumsi orang termasuk nori, wakame, rumput laut, bejana dan dulse.


Nori kaya akan vitamin A, B1, B2, dan C, serta yodium. Asupan ini juga merupakan sumber protein tanpa lemak yang bagus.


Dulse juga merupakan pilihan rumput laut yang bagus untuk anak-anak karena memiliki kandungan protein, zat besi, magnesium, dan beta karoten yang tinggi.


Mengonsumsi rumput laut dalam jumlah yang cukup dapat memaksimalkan nutrisi harian si kecil.


3. Sumber Zat Besi yang Baik


Rumput laut adalah sumber vitamin B-12 non-hewani alami dan tinggi zat besi. Bagi anak yang sudah menjadi vegetarian, rumput laut cocok untuk dijadikan sumber zat besi.


Terdapat sekitar 2,8 miligram zat besi dalam 100 gram rumput laut. Rumput laut jenis wakame mengandung 2,1 miligram zat besi per 100 gram.


Kekurangan zat besi pada anak dapat dicegah dengan menambahkan rumput laut ke dalam menu makanannya.


4. Mempercepat Penyembuhan Luka


Manfaat rumput laut untuk anak berikutnya adalah membantu proses penyembuhan luka. Hal ini tak lain karena kandungan vitamin K di dalamnya. Nantinya, kandungan vitamin K akan mengirim sinyal ke trombosit untuk membekukan darah.


Hanya saja, luka tetap perlu diobati dengan antiseptik agar proses penyembuhannya bisa lebih maksimal.


5. Meningkatkan Fungsi Gigi dan Tulang


Tidak hanya kaya akan vitamin K, rumput laut juga kaya akan kalsium. Kalsium dalam rumput laut bisa mencegah risiko terjadinya defisiensi kalsium, yang membuat tulang dan gigi anak jadi rapuh.


Anda bisa menyajikan rumput laut dengan cara direbus atau dikeringkan. Camilan ini juga sehat dikonsumsi anak pada siang hari.


Itulah beberapa manfaat rumput laut untuk anak. Jika Anda tertarik, asupan ini bisa ditambahkan ke dalam beragam makanan, tergantung selera anak.


“Bisa dibuat sup, taburan di atas nasi, maupun dibuat menjadi sushi. Imbangi juga dengan makanan lain agar gizinya tetap seimbang dalam tubuh anak,” ujar dr. Sara.


Sumber: https://seputarcibubur.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-1781951254/ini-lima-manfaat-rumput-laut-bagi-kesehatan-anak

Our Partners
Supported By