Hasilkan Rumput Laut Melimpah, Pesisir Pantai Dusun Mrican

6 months ago

Petani rumput laut telah berhasil membibitkan rumput laut melimpah sekitar 10 Ton lebih di sepanjang pulau pesisir Dusun Mrican, Kemojan, Karimunjawa. Pulau pesisir dari Dusun Mrican Kemojan ini telah menjadi Ciri Khas dengan Limpahnya Rumput laut alami, terus di budidayakan dan selalu menjadi mata pencaharian masyarakat Karimunjawa, bahkan setelah pengeringan rumput laut atau dijemur dan akan di setorkan ke pabrik yang menggunakan khasiat Rumput laut. 


Baca juga: Mengintip Potensi Bisnis Digitalisasi Rumput Laut


Menurut Ibu Khofidah Petani Rumput laut mengatakan rumput laut yang melimpah tentu juga dengan pembibitan secara benar, di taruh di hempitan tali dan tidak menjadi pakan ikan ataupun hama lainnya. Rumput laut ini dari bibit Bali, terlihat dari batangnya yang memiliki batang cukup besar beserta bercabang lebat, biasanya disini disebut dengan Rumput Laut Jenis Brokoli. "Ini rumput laut jenis Brokoli karna dari batang dan tangkai nya lebih lebat dari rumput laut yang normal" ucapnya.


Baca juga: MSG Organik dari Kupang dan Rumput Laut Antarkan KIR Smamda Juara Internasional


Dia menambahkan rumput laut ini di ambil dan bisa menjadi banyak manfaat dari khasiat rumput laut. Pagi mengambil rumput laut lalu di keringkan sekitar 3 hari setelah kering akan di setorkan ke Perusahaan kosmetik di Surabaya dan Sekitarnya. Rumput laut yang berhasil diambil bisa sebanyak 10 ton lebih dari biasanya yang hanya 5 ton. Dan rumput laut kering di setor biasanya seberat 13 ton sekitar kurang lebih perton nya 1 juta. 


Berhubung ini musim panas maka dari pembibitan rumput laut terus di lestarikan, menghasilkan rumput laut yang banyak, berkhasiat dan bahkan bisa menjadi Cendol ataupun makanan kering dari Rumput laut, "loh enak to mas" karena agar ini emang hanya tersedia di daerah pesisir yang aman dari hama rumput laut dan kadar air asin yang pas"


Baca juga: Agree Dukung Optimalkan Hasil Panen Budidaya Rumput Laut di NTT


Artikel ini pertama kali dipublikasikan oleh Kompasiana. Ketepatan informasi di dalamnya di luar tanggung jawab Seaweednetwork.

Our Partners
Supported By