Tim Bank Dunia Kunjungi Lokasi Budidaya Rumput Laut

6 months ago

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) menerima kedatangan Tim Bank Dunia untuk melihat potensi perikanan.


Kedatangan tim Bank Dunia sendiri dipimpin langsung Country Director untuk Indonesia dan Timor Leste Ibu Satu Kahkonen beserta tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang disambut dengan prosesi adat.


“Mereka sangat terkesan dengan sambutan hangat dari Pemprov Kaltara,”kata Kepala DKP Kaltara, Rukhi Syayahdin.


Kemudian rombongan menuju menuju Nunukan dan selama diperjalanan mereka sangat antusias membahas mengenai potensi rumput laut yang ada di Kaltara.


Agenda di Kabupaten Nunukan meliputi, meninjau lokasi budidaya rumput laut di perairan Mamolo untuk melihat proses panennya. Selain itu, juga melihat proses penjemuran serta berdiskusi langsung dengan Perwakilan Petani Rumput Laut di Perairan Mamolo.


Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke tempat daur ulang sampah plastik (Bank Sampah) skala lokal binaan PT. Pertamina Persero dan Pemkab Nunukan.


Disana ditunjukkan bagaimana merubah limbah plastik seperti botol bekas menjadi pelampung dan kubik kayu bahan baku lantai jemur.


“Adapun tujuan kunjungan Tim dari World Bank adalah untuk mengetahui kondisi kegiatan budidaya rumput laut di Kaltara khususnya Nunukan serta berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah baik Pemprov maupun Pemkab untuk menjajaki kegiatan yang dapat dilaksanakan bersama dengan World Bank,”tegas Rukhi. (dkisp)


Artikel ini pertama kali dipublikasikan oleh Diskominfo Kaltara Prov. Ketepatan informasi di dalamnya di luar tanggung jawab Seaweednetwork.

Our Partners
Supported By