Indonesia Memang Kaya, Rumput Laut Bisa Jadi Sektor Unggulan pada 2022-2024.

4 weeks ago

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan TB. Haeru Rahayu menyampaikan rumput laut merupakan komoditas budidaya yang dapat menjadi salah satu sektor unggulan pada 2022—2024.


 "Menyiapkan industri ini menjadi sangat penting, terutama untuk dapat memenuhi permintaan yang terus meningkat, baik dari dalam maupun luar negeri," katanya dalam diskusi virtual, Kamis (30/9/2021). 


Haeru mengatakan, upaya untuk memenuhi naiknya permintaan tersebut tentu saja perlu adanya peningkatan produksi dan produktivitas.


Oleh sebab itu, salah satu kebijakan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya dalam mendukung penyediaan bibit unggul yaitu dengan pemberian paket bantuan KBRL (Kebun Bibit Rumput Laut) kultur jaringan di kawasan pengembangan budidaya rumput laut.


Menurutnya, hal ini bertujuan untuk dapat menjaga ketersediaan bibit unggul baik dari segi kualitas, kuantitas, serta keberlanjutannya. 


“Sasaran bantuan paket KBRL ini adalah para pembibit yang tergabung di dalam kelompok pembudidaya rumput laut. Diharapkan para pembibit rumput laut ini dapat memasok kebutuhan bibit untuk para pembudidaya, sehingga dapat meningkatkan produksi rumput laut serta kesejahteraan para pembudidaya rumput laut,” katanya. 


Bantuan Kebun Bibit Rumput Laut nantinya akan disalurkan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT DJPB). 


Adapun Unit Pelaksana Teknis yang terlibat dalam penyaluran ini antara lain, Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung, Balai Budidaya Laut Ambon, Balai Budidaya Air Payau Takalar, Balai Perikanan Budidaya Air Payau Situbondo, Balai Besar Budidaya Air Payau Jepara, dan Balai Budidaya Laut Lombok. 


Rincian Paket Bantuan Kebun Bibit Rumput Laut akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan, seperti ukuran kebun bibit, metode budidaya yang digunakan, dan waktu pengiriman.


Sumber: https://kabar24.bisnis.com/read/20210930/15/1448903/indonesia-memang-kaya-rumput-laut-bisa-jadi-sektor-unggulan-pada-20222024.

Our Partners
Supported By