Hadiri Panen Rumput Laut, Burhanuddin Jadikan Desa Laeya Pengembangan Rumput Laut

7 months ago

Bombana, Penjabat Bupati Bombana Ir. H. Burhanuddin, M. Si., menghadiri Acara Panen perdana Pengembangan Rumput Laut di Desa Laeya, Kacamatanya Poleang Selatan, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara ( Sultra), Sabtu, 18 November 2023.


Setibanya Di tempat acara Pj bupati Bombana bersama Rombongan langsung Mengunjungi wilayah pengembangan Rumput Laut, serta didampingi Kepala Desa dan Masyarakat setempat. Usai mengunjungi pengembangan Rumput laut, pj bupati melanjutkan dialog dengan masyarakat.


Dalam dialognya Burhanuddin mengatakan bahwa Rumput didesa Laeya sangat Bagus, dan ini bisa dijadikan sebagai desa pengembangan Rumput laut. “Ini potensi sangat laut biasa, kedepannya desa Laeya bisa kita jadikan desa pengembangan rumput laut”, Tegasnya.


Selain itu Burhanuddin merasa bahagia dan Bangga bisa bertemu dengan masyarakat, sebab pemerintah itu harus bisa hadir ditengah-tengah masyarakat dan wajib melayani masyarakat.


“Pemerintah pelayanan masyarakat, jadi ketika ada permasalahan dimasyarakat maka pemerintah wajib menyelesaikan permasalahan yang terjadi, dan ini sebagai komitmen saya, dan bisa merasakan apa yang dirasa masyarakat”. Terang burhanuddin


Lanjut burhanuddin, Saya melihat potensi yang besar dibombana banyak, terutama Rumput Laut, ini merupakan suatu tugas pemerintah bagaimana mengantur tata Niaga pada Rumput laut. Terutama dari interfensi harga rumput laut, yang Tetap stabil harganya, sehingga dengan harga yang stabil, maka Masyarakat banyak yang mengembangkan Rumput laut


“Olehnya berharap kepada dinas perikanan untuk memberikan Pelatihan, agar masyarakat Rumput laut bisa dikembangkan, serta bisa menjadi kesejahteraan masyarakat. Jadi pemerintah desa, kecamatan dan pemerintah daerah bisa peran aktif dalam pengembangan rumput laut”, Jelasnya


Orang Nomor satu di kabupaten Bombana itu, akan membangun beberapa infrastruktur. Salah satunya pembangunan dermaga. Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bombana Sarif, SH., mengatakan bahwa di desa Laeya sangat bagus untuk pengembangan rumput laut, Kerena Ekosistem lautnya sangat cocok.


Sarif juga menjelaskan Panen perdana bibit rumput laut hari ini merupakan hasil dari laboratorium kultur jaringan yang ada di kabupaten Bombana. Sedangkan Kepala Desa Laeya ibu Marwa dalam sambuntanya mengatakan, ini baru pertama kali ada Kepala Daerah yang berkunjung didesa Laeya ini.


Semoga Kedatangan Pj bupati ini merupakan hal yang positif, sebab beliu akan menjadi dusun boeasing desa Laeya menjadikan tempat budidaya Rumput Laut.


Marwa berharap Kepada masyarakat untuk meningkatkan Pengembangan Rumput laut, serta berperan aktif ketika ada pertemuan, kerena dengan menghadiri Rapat maka bisa menyampaikan apa yang menjadi keluhannya.


Hal senada disampaikan salah satu masyarakat Pembudidaya rumput laut, ini baru pertama ada Kepala daerah yang mau berkunjung, sebab sejak Bombana menjadi daerah otonomi belum ada Kepala daerah yang berkunjung.


“Olehnya itu kami ucapkan terimakasih kepada Pj bupati yang sudah mau datang didesa kami” Jelasnya. Saya juga mewakili masyarakat meminta kepada pj Bupati untuk memperbaiki jalan, serta adanya bantuan Tali untuk rumput laut, dan bibit Udang. Karena disini selain adan pembudidaya rumput laut ada juga tambak pa, ungkapan Warga yang hadir. 


Artikel ini pertama kali dipublikasikan oleh AnoaNews. Ketepatan informasi di dalamnya di luar tanggung jawab Seaweednetwork.

Our Partners
Supported By