Dukung Petani Rumput Laut di Lotim Mengembangkan Produk Kemasan Ramah Lingkungan

8 months ago

Dua perusahaan nasional, PT Blue Bird dan Evoware & Rethink Plastic mendukung aktivitas ekonomi biru di Kabupaten Lombok Timur. Mereka membantu petani rumput laut di wilayah ini mengembangkan produk kemasan ramah lingkungan.


”Bentuk dukungan dilakukan melalui pengembangan peta jalan ekonomi biru, investasi dalam riset kelautan, dukungan pada perikanan berkelanjutan, penguatan komunitas pesisir, dan pengembangan pariwisata bahari,” kata Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono saat di Lombok Timur, Kamis (31/8).


Pria yang akrab disapa Andre ini menyebut bantuan berupa pembinaan dan pemberian alat kepada petani rumput laut sejalan dengan komitmen visi keberlanjutan PT Blue Bird pada pilar BlueSky dan BlueLife. 


Dia menambahkan, Bluebird mengonversi setiap kilometer yang ditempuh lebih dari lima ribu partisipan Bluebird Run & Ride menjadi donasi. Yaitu berupa alat pengering kepada petani rumput laut binaan komunitas Rethink Plastic sekaligus pemasok bahan baku alternatif substitusi plastik. 


”Bluebird berkomitmen melakukan langkah kolaboratif yang mendorong terciptanya lingkungan yang lebih baik. Kami turut berterima kasih atas setiap kilometer yang ditempuh lebih dari lima ribu partisipan Bluebird Run & Ride untuk mendukung perkembangan dan keberlanjutan ekonomi biru di wilayah pesisir Lombok Timur,” ungkapnya 


Andre memaparkan, perusahaannya ingin menjadikan setiap kilometer berarti dalam mendukung perbaikan kondisi lingkungan dan sosial. Pada tahun ini Bluebird menggandeng komunitas Rethink Plastic, guna melanjutkan inisiatif reuse, reduce and recycle (3R) sekaligus mendukung keberlanjutan ekonomi biru di wilayah pesisir Lombok Timur.


Kolaborasi ini sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia yang telah menetapkan sasaran untuk sektor ekonomi biru. Termasuk meningkatkan kontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) menjadi 5 persen pada 2045, menciptakan 10 juta lapangan kerja, mengurangi polusi laut sebanyak 50 persen pada 2045, dan melindungi 30 persen perairan pada 2030. 


CEO Evoware & Rethink Plastic David Christian berterima kasih atas dukungan gerakan Rethink Plastic. Misinya adalah menciptakan dampak positif pada lingkungan melalui pelaksanaan ekonomi biru.


”Bertujuan untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bluebird, yang telah berkontribusi dengan menyediakan peralatan pendukung dan bahan baku, faktor utama dalam percepatan penetrasi produk kemasan ramah lingkungan di masyarakat,” jelasnya.


Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi kolaborasi kedua perusahaan. Kerja sama tersebut mampu memanfaatkan potensi besar Lombok dalam menjalankan ekonomi biru untuk kesejahteraan masyarakat.


”Ini sekaligus mendukung perbaikan kualitas lingkungan yang dapat dimaksimalkan oleh masyarakat dan pelaku usaha di Lombok,” jelasnya.


Artikel ini pertama kali dipublikasikan oleh Lombok Post. Ketepatan informasi di dalamnya di luar tanggung jawab Seaweednetwork.

Our Partners
Supported By