4 Tips Memilih, Mengolah, dan Menyimpan Rumput Laut

8 months ago

Selain nori atau rumput laut dalam lembaran tipis yang lezat untuk langsung dikonsumsi, ternyata ada jenis rumput laut lain yang tanpa sadar sering kita konsumsi. Biasa ditambahkan dalam isian es rumput laut atau es buah, rumput laut ini punya tekstur renyah dan cenderung tawar. Karena murah dan lumayan tinggi serat, saya lebih suka mengonsumsinya dibanding sayur mayur untuk melancarkan pencernaan.


Anda juga tertarik untuk mengonsumsi rumput laut? Sebelum membeli, yuk perhatikan dulu bagaimana cara memilih, mengolah, dan menyimpannya di bawah ini.


1. Pilih rumput laut yang berkualitas baik


Jika anda ingin mengolah rumput laut, pastikan memilih rumput laut dengan kualitas terbaik. Ciri rumput laut yang bagus yaitu warnanya yang bening (tidak keruh), teksturnya masih kaku, dan aroma yang segar.


Di pasaran, anda akan menemukan rumput laut curah yang dijual dengan warna putih bening, pink, dan hijau. Perbedaan di antara ketiganya hanya dari segi warna saja. Warna asli rumput laut adalah hijau tapi menjadi cokelat ketika dikeringkan dan putih bening setelah diputihkan. Sedangkan warna hijau dan pink rumput lain didapat dari bahan tambahan pewarna makanan.


Baca juga: Ketahui Manfaat Sehat Mengonsumsi Rumput Laut


2. Bersihkan rumput laut


Sebelum mengolahnya menjadi berbagai masakan, anda harus memperhatikan cara membersihkannya. Pertama-tama, letakkan rumput laut di saringan, lalu siram dengan air bersih sambil sedikit diaduk sampai seluruh kotorannya larut. Jika perlu, ulangi langkah tersebut sampai rumput laut benar-benar bersih. Gunakan Saringan Sayur yang terdiri dari saringan dan wadah mangkuk, sehingga memudahkan anda dalam mencuci, membilas, dan meniriskan rumput laut.


3. Rebus rumput laut


Setelah dicuci bersih, anda sebaiknya merebus rumput laut terlebih dahulu dalam air mendidih selama kurang lebih 2 menit saja agar tidak berubah lembek. Setelah itu, segera tiriskan rumput laut dan rendam dalam air es selama lima sampai sepuluh menit. Perendaman bertujuan untuk menghentikan proses memasak pada rumput laut untuk menjaga teksturnya tetap kenyal dan bagus. Setelah itu, anda bisa mengolahnya sesuai selera.


Baca juga: 10 Jenis Rumput Laut yang Bisa Dimakan, Lezat, dan Kaya Nutrisi


4. Simpan rumput laut di dalam lemari es


Jika anda masih memiliki sisa rumput laut, sebaiknya anda segera menyimpannya. Anda bisa memasukkan rumput laut dalam wadah kering dan kedap udara, lalu simpan ke dalam lemari es. Usahakan untuk segera menghabiskan sisa rumput laut anda dalam waktu dekat agar tidak terjadi perubahan rasa.


Setelah mengetahui tips di atas, tak ada salahnya anda mulai memasukkan rumput laut ke dalam daftar belanja anda. Dijamin tidak akan rugi deh, karena rasa dan manfaatnya bagi tubuh sudah tidak diragukan lagi. Selamat mencoba!


Artikel ini pertama kali dipublikasikan oleh Resep Koki. Ketepatan informasi di dalamnya di luar tanggung jawab Seaweednetwork.

Our Partners
Supported By